Tips Bikin Usaha Laundry Jadi Untung!

Usaha laundry memang sedang menjamur belakangan ini. Berbagai laundry menarik perhatian pelanggan dengan beragam promosi dan potongan harga. Segmentasi pasar setiap laundry pun juga berbeda antara satu sama lain.

Setiap usaha pasti menginginkan keuntungan dari bisnis yang dijalankannya. Tapi tanpa disadari, ada saja hambatan atau kesalahan yang dilakukan para pebisnis selama usaha berlangsung. Kesalahan-kesalahan seperti kurangnya strategi, perencanaan, dan target yang terukur adalah hal yang sering dilakukan dan jadi hambatan untuk mendapat keuntungan.

Padahal, jika dijalankan dengan benar, usaha laundry bisa jadi ladang keuntungan yang sangat potensial. Maka di artikel kali ini kami rangkum tips dan trik yang bisa Anda lakukan supaya usaha laundry jadi tambah untung.

  1. Tingkatkan pelayanan

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf pertama, laundry memang jadi bisnis yang sedang menjamur saat ini. Bukan berarti bisnis laundry yang sekarang sedang marak termasuk bisnis yang happening, maraknya pebisnis yang menekuni bidang ini bisa jadi karena faktor kemudahan bisnis yang dijalankan.

Banyaknya bisnis laundry, artinya cukup banyak juga pesaing Anda. Lalu bagaimana bisa untung jika kompetisinya sangat ketat? Jawabannya adalah Anda bisa tetap untung jika meningkatkan pelayanan. Tingkatkan pelayanan laundry dengan mempercepat waktu pencucian, memberikan sapaan dan keramahan ke setiap pelanggan, atau penawaran bonus dan promosi lain.

Pelayanan tersebut pada akhirnya bisa memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa laundry Anda adalah tempat yang sangat tepat untuk kebutuhan mencuci baju.

  1. Jangan salah pilih lokasi!

Hal lain yang bisa bikin usaha laundry jadi untung adalah lokasi yang strategis. Apapun bisnisnya, jika berada di lokasi yang strategis bisa jadi akan mengantarkan untung untuk Anda.

Sangat penting memilih lokasi yang strategis untuk usaha Anda. Lokasi seperti perumahan padat penduduk, dekat apartment atau rumah susun, bahkan lokasi banyak kos-kosan pun juga cocok untuk difokuskan usaha laundry.

  1. Tentukan harga dengan matang

Perkiraan menentukan harga jual memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jangan pasang harga terlalu mahal ketika lokasi yang dijangkau memang berada di lingkungan cukup elit, sebaliknya jangan juga memasang harga terlalu murah jika berada di lokasi padat penduduk.

Menentukan harga dengan matang adalah salah satu kunci keuntungan Anda. Hal yang sulit dari penentuan harga ini adalah persaingan laundry yang ketat membuat persaingan harga juga ketat. Tapi karena persaingan harga yang ketat, bukan berarti Anda juga harus menurunkan harga serendah-rendahnya. Harga yang rendah berarti sulit mendapat keuntungan dan tidak akan bisa memberikan kualitas terbaik dengan harga sangat rendah.

  1. Karyawan yang terampil

Karyawan yang terampil di bidangnya adalah hal yang sangat penting dan modal dasar dari bisnis laundry yang dijalankan. Karyawan yang terampil tidak hanya mahir untuk menangani pakaian pelanggan sampai bersih. Tapi juga terampil untuk menarik perhatian pelanggan.

Bagaimana menarik perhatian pelanggan yang bisa dilakukan oleh para karyawan? Keramahan dan service excellent adalah hal yang bias karyawan Anda lakukan untuk membuat pelanggan betah. Karyawan yang jujur dan berpengalaman di bidangnya bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik dalam waktu yang efektif juga. Itu jadi kunci utama yang bisa mendongkrak keuntungan Anda.

  1. Pemasaran dan promosi yang tepat

Setiap bisnis pada dasarnya memerlukan teknik pemasaran dan promosi. Skala besar, kecil, atau menengah pun membutuhkan pemasaran dan promosi yang bisa jadi alat untuk mencapai target-target yang ada. Tidak terkecuali usaha laundry.

Namun sering sekali pengusaha-pengusaha laundry belum sadar betapa penting pemasaran dan promosi bisa mendongkrak keuntungan bisnisnya. Padahal di zaman yang sudah secanggih ini, ada banyak sarana yang bisa digunaka untuk mencapai target penjualan dan meningkatkan omzet.

Misalnya dengan menggunakan website, atau sosial media yang bisa menjangkau lebih banyak orang daripada jangkauan toko. Anda bisa memberikan promosi berupa potongan harga, gratis cuci 1kg, atau mungkin teknik promosi lain yang bisa mengajak konsumen untuk menjadi pelanggan baru Anda.

Itu 5 tips yang wajib Anda praktikkan ke dalam bisnis untuk meningkatkan omzet bisnis laundry Anda. Selain kelima tips tadi, perlu juga diingat bahwa setiap bisnis membutuhkan keuletan, kerja keras, dan kesabaran untuk mencapai kestabilan dan keuntungan yang ditargetkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan kami