Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju

menghilangkan bau apek

Pernahkah baju Anda terasa bau apek padahal baru saja dicuci? Pastinya hal tersebut akan membuat Anda tidak nyaman dan menyebalkan bukan! Tunggu dulu, mungkin hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor sehingga menyebabkan baju menjadi bau apek dan tidak sedap aromanya. Sebelum membahas tips cara menghilangkan bau apek kita akan melihat hal yang kemungkinan membuat baju Anda menjadi bau apek. Adapun faktor yang dimaksud seperti ketika baju belum benar-benar kering dari proses penjemuran, tetapi Anda sudah segera mengangkatnya dan disetrika. Nah, hal tersebut dapat memicu bau apek atau tak sedap karena dapat mengundang jamur dan bakteri menempel pada bagian baju yang belum kering. Selain itu, penyimpanan baju di lemari yang lembap dan kotor juga dapat membuat bau apek.

Untuk mencegah baju menjadi bau apek, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya hal ini akan lebih baik mencegah daripada menanganinya ketika baju Anda menjadi bau apek atau tak sedap sehingga akan menggangu aroma orang-orang sekitar. Berikut beberapa tips cara menghilangkan bau apek yang bisa Anda ikuti.

1. Saat membilas baju lakukan dengan baik, pastikan sisa-sisa detergen sudah tidak ada yang menempel di seluruh bagian baju. Pasalnya detergen yang masih menempel pada bagian baju yang tak terlihat, lalu dijemur maka hal tersebut dapat memicu bau apek.

2. Saat menjemur baju perhatikan cuaca, jangan menjemur saat cuaca mendung atau gerimis. Pasalnya hal tersebut dapat mengundang bau tak sedap nantinya. Oleh karena itu, saat musim hujan dianjurkan untuk menggunakan mesin pengering pakaian saja.

3. Saat ingin mengangkat baju yang dijemuran, pastikan baju tersebut sudah benar-benar kering. Sebab apabila masih ada sisi yang basah atau lembab di baju tersebut lalu diangkat maka hal tersebut dapat memicu bau yang sangat mengganggu.

4. Jangan menyetrika baju yang masih dalam kondisi lembap atau masih sedikit basah. Jika masih lembap, jemurlah kembali sampai benar-benar baju kering. Pasalnya hal tersebut selain menimbulkan bau apek, tetapi juga dapat merusak bahan baju.

5. Bersihkan secara rutin lemari pakaian agar tidak lembap atau kotor, bila perlu gunakan pengharum seperti kamper agar lebih wangi dan segar dan mencegah bau apek pada pakaian saat disimpan di dalam lemari.

Namun, apabila baju Anda sudah terlanjur bau apek atau tidak sedap. Maka segera mungkin perlu dilakukan cara menghilangkan bau apek pada baju. Cara-caranya pun cukup mudah tidak terlalu sulit yang terpenting penuh dengan kesabaran dan telaten. Selain itu, bahan-bahan yang digunakannya pun cukup mudah ditemukan di rumah. Berikut beberapa cara-caranya.

Baca Juga: 5 Alasan Menggunakan Mesin Laundry Speed Queen

1. Gunakan Baking Soda Kue

Baking soda kue selain untuk mengembangkan kue, tetapi juga dipercaya sejak lama dapat menghilangkan bau apek pada baju. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

– Lebarkan dan bentangkan baju Anda yang berbau apek di permukaan yang datar seperti di atas meja.
– Lalu berikan dan taburkan baking soda kue pada bagian baju yang bau apek. Perlu diingat yah, hanya pada bagian yang bau apek saja bukan semuanya.
– Biarkan seperti itu dan diamkan semaleman. Jangan diganggu gugat atau dipegang-pegang.
– Jika sudah didiamkan semaleman, Anda bisa menghilangkan atau membuang soda kue tersebut dan jemurlah kembali pakaian tersebut dan benar-benar telah kering secara sempurna. Maka bau apek pun akan hilang deh.

2. Gunakan Air Panas

Cara menghilangkan bau apek pada baju juga dapat menggunakan air panas. Namun, pastikan sebelum merendam baju Anda menggunakan air panas bahan baju tersebut cukup tebal dan tahan air panas. Tidak dianjurkan untuk baju berbahan tipis karena air panas dapat membuat melar bahan baju tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya.

– Siapkan air panas dengan suhu yang paling tinggi, lalu masukkan ke dalam ember atau mesin cuci.
– Jika menggunakan mesin cuci, pilihlah mode warm water. Lalu masukkan pula detergen ke dalam air hangat tersebut.
– Jika Anda mencuci secara manual, air panas masukkan ke dalam ember/bak beserta detergennya.
– Lalu masukkan baju dan rendamlah selama 30 menit. Setelah itu, cucilah seperti biasa.
– Guna lebih wangi, tambahkan pewangi anti bakteri pada saat membilasnya.

3. Gunakan Bubuk Kopi

Kenikmatan aroma kopi ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau apek pada baju loh. Pasalnya aroma kopi dapat menyerap bau apek/bau tak sedap di sekitarnya. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan hal demikian guna menghilangkan bau apek. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

– Bungkuslah bubuk kopi dengan menggunakan kantong kertas pembungkus. Jenis kopi yang digunakan bebas, bisa sesuai selera.
– Letakkan bungkus kopi tersebut didekat baju yang bau apek atau di taruh di dalam lemari sebelah baju apek tersebut.
– Lalu diamkan selama semaleman.
– Aroma baju apek pun akan sedikit berkurang dan buanglah bubuk kopi dalam kantong kertas tersebut.

4. Gunakan Perasan Air Lemon

Cara menghilangkan bau apek pada baju dapat pula menggunakan perasan air lemon. Berikut ini cara-caranya.

– Campurkan perasan air lemon sebanyak 1 gelas air dengan detergen sebanyak 1 sendok detergen. Lalu aduklah hingga rata.
– Rendamlah baju ke dalam campuran perasan air lemon dan detergen tersebut selama 20-30 menit.
– Setelah itu, cuci atau sikatlah baju seperti biasa.
– Bilas hingga baju bersih, jangan sampai ada sisa detergen yang menempel.
– Agar lebih harum bisa tambahkan pengharum pakaian.
– Jemurlah hingga benar-benar kering.

5. Gunakan Cuka

Dengan cuka, Anda juga bisa menghilangkan bau apek pada pakaian. Caranya tak berbeda jauh dengan menggunakan perasan lemon. Perhatikan berikut cara-caranya.

– Campurkan cuka sebanyak 2 sendok makan dengan detergen sebanyak 1 sendok makan tambahkan air hangat dan aduklah hingga merata.
– Rendamlah baju ke dalam campuran air cuka dan detergen tersebut selamat 20-30 menit, diamkan saja.
– Setelah itu, cuci atau sikat seperti biasa.
– Bilas hingga baju benar-benar bersih, jangan sampai ada sisa detergen yang menempel.
– Agar lebih harum bisa tambahkan sedikit pengharum pakaian.
– Jemurlah hingga benar-benar kering.

6. Masukkan ke Dalam Freezer

Menghilangkan bau apek baju juga bisa memanfaatkan freezer kulkas Anda. Pasalnya bakteri atau jamur penyebab bau apek tidak kuat dan tahan lama terhadap dinginnya freezer. Caranya pun cukup mudah berikut langkah-langkahnya.
– Masukkan baju ke dalam kantung plastik yang kedap udara, lalu bungkuslah secara rapet.
– Masukkan ke dalam freezer dengan suhu dingin paling maksimal.
– Diamkan selama 1-2 malam.
– Setelah itu, keringkan baju tersebut sebelum disetrika. Pastikan baju dalam keadaan benar-benar kering.

Demikianlah 6 cara menghilangkan bau apek atau bau tak sedap pada baju. Cara-cara tersebut cukup efektif jika Anda melakukannya dengan benar dan tepat. Namun, cara tersebut tidak dianjurkan setiap hari karena dapat merusak bahan baju Anda. Ketika bau apek pada baju hilang, dapat mengembalikan tingkat kepercayaan diri lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat