Tips dan Trik Memilih Mesin Cuci

switch mesin cuci

Kebutuhan mesin cuci dalam kehidupan sehari-hari cukup penting guna membersihkan pakaian. Perkembangan teknologi mesin cuci membuat media untuk mempermudah mencuci pakaian. Dengan adanya mesin cuci, Anda menjadi lebih cepat, efektif, dan mudah dalam mencuci pakaian. Namun, di samping kemudahan tersebut terdapat pula berbagai kekurangannya yang harus diperhatikan dengan bijak. Berbagai fasilitas di mesin cuci kini pun semakin beragam yang memudahkan proses pencucian. Akan tetapi, masih banyak orang awam yang bingung dalam memilih dan membeli mesin cuci yang tepat. Oleh karenanya, berikut tips dan trik memilih mesin cuci yang tepat agar tidak salah pilih.

1. Sesuai Budget/Biaya

Tips dan trik memilih mesin cuci yang pertama ialah sesuaikan dengan budget atau biaya yang dimiliki. Penyesuaian biaya dapat menentukan kualitas mesin cuci yang dibeli. Jika Anda memiliki biaya terbatas dapat membeli mesin cuci dengan kualitas yang sepadan dengan harganya. Pasalnya, saat ini banyak harga mesin cuci berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, tentu saja dengan fitur yang sepadan. Terlebih saat ini Anda dapat dengan mudah melihat daftar harga mesin cuci terupdate di internet sehingga Anda dapat memperkirakan dan menyiapkan bIaya untuk membeli mesin cuci. Berbagai merek dan tipe mesin cuci pun kini tersedia dengan harga yang bervariasi.

2. Daya Listrik

Tips lain ketika akan membeli mesin cuci ialah memperhatikan daya listrik pada mesin cuci. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas listrik di rumah. Hindari membeli mesin cuci dengan berdaya listrik tinggi, sementara daya listrik di rumah Anda sangat kecil. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat lonjakan biaya listrik Anda saat membayar tagihan listrik. Selain itu, dapat pula membuat listrik Anda kekurangan daya saat menyalakan mesin cuci sehingga daya listrik akan mudah turun. Pilihlah mesin cuci dengan berdaya listrik rendah jika pakaian yang dicuci tidak terlalu banyak atau hanya untuk pakaian sehari-hari. Kecuali, jika kebutuhan mesin cuci untuk pakaian sehari-hari mencuci dengan ukuran yang sangat besar maka pilihlah mesin cuci dengan daya listrik yang sepadan.

3. Kapasitas Tabung 1 atau 2

Tips lain ketika akan membeli mesin cuci ialah dengan memeperhatikan jenis mesin cuci tabung 1 atau tabung 2. Hal tersebut harus diperhatikan dengan kebutuhan mencuci Anda. Pemilihan jenis mesin cuci berdasarkan tabung 1 atau tabung 2 berdasarkan banyaknya pakaian. Jika pakaian Anda sangat banyak dapat mencoba tabung 2 karena mampu menampung lebih besar dengan kapasitas yang besar. Demikian pula, dengan kapasitas tabung 1 yang lebih kecil dan minim sehingga lebih menghemat area penempatan. Selain itu, dari segi fitur tabung 2 lebih banyak fasilitas dan kelebihan yang ditawarkan dibandingkan dengan mesin cuci tabung 1. Pasalnya, kapasitas tabung 1 atau tabung 2 juga akan berpengaruh pada tingkat keefektifan dan kecepatan saat mencuci pakaian. Oleh karena itu, harus benar-benar dipikirkan matang-matang sebelum membelinya.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Pakaian dengan Bahan Alami

4. Fitur dan Teknologi yang Ditawarkan

Fitur dan teknologi yang ditawarkan mesin cuci saat ini sangat bervariasi. Adapun fitur mesin cuci yang dimaksud, seperti fast wash, hemat air, hemat energi, kecepatan putaran, antikusut, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memperhatikan fitur dan teknologi tambahan yang ditawarkan oleh suatu mesin cuci dengan merek tetentu. Pasalnya, kini setiap produsen mesin cuci berlomba-lomba menawarkan produknya dengan teknologi dan fitur terbarunya. Oleh karenanya, tips ketika ingin membeli mesin cuci alangkah bijaknya ketika ingin membeli mesin cuci seyogyanya membandingkan fitur dan teknologi yang ditawarkan tiap jenis dan tipe model mesin cuci agar lebih tepat dan tidak menyesal setelah membelinya.

5. Bahan Material

Mesin cuci terbuat dari berbagai bahan material yang berbeda. Mulai dari bahan material plastik, stainless steel, metal, enamel, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, penting bagi Anda mengetahui jenis bahan material mesin cuci yang berkualitas. Pasalnya, bahan material mesin cuci akan mempengaruhi tingkat keawetan dan ketahanan dari mesin tersebut. Lalu jenis bahan material apakah yang paling berkualitas untuk benda mesin cuci?

Secara mendasar bahan material mesin cuci yang paling berkualitas ialah berbahan stainless steel karena memiliki ketahanan yang cukup kuat, kokoh, dan awet. Namun, bukan berarti bahan material mesin cuci lainnya tidak berkualitas, tetapi hanya saja stainless steel memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan bahan material lainnya. Pasalnya, setiap bahan material mesin cuci memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja, hal tersebut berdampak pada harga jual mesin cuci. Jenis mesin cuci yang berbahan material plastik tentu harganya lebih murah dibandingkan dengan yang berbahan stainless steel.

6. Merek Terbaik

Merek dengan reputasi terbaik dan dikenal banyak orang dapat dijadikan sebagai referensi untuk membeli mesin cuci. Saat ini dengan mudahnya Anda dapat melihat atau menonton review dari merek mesin cuci di internet. Biasanya merek-merek mesin cuci jajaran top terbaik sering mendapatkan review memuaskan atau tidak mengecewakan. Sebaliknya, jika review yang dilakukan seseorang terhadap suatu merek mesin cuci dengan review tidak baik maka kualitasnya perlu dipertanyakan dan diragukan kualitasnya sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui merek terbaik dari mesin cuci, merek standar, atau bahkan merek yang kurang baik. Akan tetapi, umumnya merek-merek mesin cuci yang unggulan/terbaik akan memiliki harga yang cukup merogoh kocek mendalam, tetapi hal itu sebanding dengan kualitas dan keawetan produk. Bahkan beberapa merek memiliki mesin yang membandel sehingga jarang mengalami kerusakan.

7. Ukuran Mesin Cuci

Tips dan trik memilih mesin cuci yang terakhir versi Koin Laundry ialah dengan memilih ukuran mesin cuci yang tepat sesuai dengan area/tempat di rumah Anda. Tidak perlu memaksakan dengan memilih/membeli mesin cuci dengan berukuran besar, sedangkan area/tempat yang digunakan untuk menyimpan tidak terlalu besar. Tips lainnya, jika Anda ingin membeli mesin cuci sekaligus mesin pengering maka dapat memilih mesin cuci dan mesin pengering dengan model bertumpuk. Pasalnya, hal tersebut akan lebih menghemat area yang dipergunakan. Terlebih jika Anda ingin membuka bisnis jasa laundry maka area tempat penyimpanan mesin cuci merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dengan tepat. Terlebih saat ini juga terdapat pilihan mesin cuci bertingkat/tumpuk dengan ukuran dan lebar yang sangat ideal. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam membeli mesin cuci.

Demikianlah tips dan trik memilih mesin cuci yang tepat versi Koin Laundry. Semua tips dan trik tersebut dapat diaplikasikan sesuai dengan situasi dan kondisi dari sang pembeli. Perhatikan berbagai faktor tersebut dengan bijak agar tidak salah dan menyesal saat membeli mesin cuci. Terlebih jika mesin cuci tersebut akan dipergunakan untuk usaha bisnis laundry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan kami