Cuci pakaian dengan suhu air yang tepat

Banyak dari kita tidak memperhatikan cara mencuci yang tepat , yang penting bersih maka mencuci sudah pasti bersih …. Memang bersih tapi apakah sudah maksimal..?

Mencuci pakaian dengan suhu air yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal .

Berikut ini adalah panduan mencuci baju berdasarkan suhu air yang tepat:

  • Air Panas

    Suhu air panas sangat cocok untuk mencuci baju berwarna putih dan baju yang terlalu kotor, seperti popok. Suhu air panas sekitar 54C adalah suhu yang paling tepat untuk membersihkan kuman dan kotoran yang susah hilang. Air panas sangat ideal untuk mencuci handuk, sprei, lap dapur, pakaian yang kotor karena keringat dan tanah, pakaian dalam, dan semua jenis kain yang ternoda minyak atau oli. Namun, tidak semua jenis kain dapat dicuci dengan air panas. Sebaiknya baca label pencucian pada pakaian terlebih dahulu untuk menghindari penyusutan.

  • Air Hangat

    Untuk pakaian dari serat buatan manusia, jeans, dan rajutan sebaiknya dicuci menggunakan air hangat. Air dengan suhu 32o C sangat cocok untuk mencuci pakaian berwarna gelap, pakaian yang sedikit kotor, dan pakaian berbahan sintetis. Hampir semua jenis pakaian dapat dicuci dengan air hangat. Pasalnya, air hangat merupakan suhu air yang tidak menyebabkan penyusutan pada pakaian.

  • Air Dingin

    Sejatinya air dingin merupakan suhu air yang bisa digunakan untuk mencuci semua jenis pakaian. Namun, ada beberapa jenis pakaian yang paling ideal dicuci menggunakan air dingin, seperti pakaian yang mudah luntur, pakaian berbahan lembut (sutra, stocking, wol), pakaian dengan konstruksi halus (berenda atau berpayet), dan pakaian yang tidak terlalu kotor. Suhu air dingin yang cocok untuk mencuci jenis pakaian tersebut adalah di bawah 23o C.

    Suhu air ini sangat mempengaruhi proses menghilangkan noda pada pakaian.  Ibu juga harus memperhatikan suhu air yang digunakan saat mencuci. Perpaduan suhu air yang tepat dan cara mencuci baju yang benar akan semakin membuahkan hasil yang maksimal jika Ibu menggunakan detergent yang tepat .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan kami