Perawatan Mesin Cuci Koin Laundry

obeng

Sebagai alat elektronik, mesin cuci koin laundry pun perlu perawatan agar tetap awet dan tidak mudah rusak sehingga tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pada dasarnya, perawatan mesin cuci koin laundry bisa dibilang susah-susah gampang. Asal mengikuti prosedur perawatan, sebenanrnya cukup membuat mesin cuci koin laundry dapat bertahan cukup lama. Mengingat mesin cuci ini digunakan untuk umum, jadi kemungkinan cepat rusak pada mesin pun tinggi.

Di awal pembelian mesin cuci koin laundry, pasti mendapatkan sebuah buku pedoman. Nah, buku tersebut selain berisi pedoman tata cara, tetapi juga terdapat buku garansi serta perawatan yang dapat digunakan setiap kali melakukan perawatan. Penggunaan mesin cuci sesuai dengan prosedur pada buku pedoman pun akan memperpanjang umur dari mesin tersebut. Secara umum, terdapat beberapa cara guna merawat mesin cuci koin laundry yang dapat dilakukan rutin, yaitu sebagai berikut.

1. Rutin Pengecekan Berkala

Perawatan mesin cuci koin laundry yang pertama ialah rutin melakukan pengecekan secara berkalai misalkan seminggu 2 kali. Hal tersebut dilakukan secara rutin dan terjadwal. Pengecekan dapat dilakukan dengan melihat apakah ada kerusakan atau tidak. Selain itu juga, melihat kondisi mesin dan seluruh komponen pada alat mesin cuci, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Oleh sebab itu, apabila terjadi kerusakan atau gangguan pada komponennya dapat segera mungkin terdeteksi sedini mungkin dan bisa segera diperbaiki.

2. Rutin Perawatan Berkala

Selain pengecekan berkala, perawatan berkala pun penting dilakukan guna membuat mesin cuci koin laundry seperti pada performa awal. Perawatan ini berfungsi sebagai pencegahan awal dan apabila terjadi kerusakan bisa segera diperbaiki. Biasanya setiap produsen merek mesin cuci koin laundry memberikan garansi service atau perawatan di tempatnya tersebut. Biasanya kartu perawatan diberi pada awal-awal tahun pembelian. Sebagai pemilik, perawatan juga bisa dilakukan secara mandiri dengan cara yang sederhana.

Baca Juga: Sejarah Ditemukannya Teknologi Mesin Cuci

3. Penggunaan Sesuai Buku Pedoman Mesin Cuci

Penggunaan sesuai buku panduan atau pedoman juga merupakan salah satu upaya dalam merawat mesin. Terlebih mesin cuci koin laundry yang memiliki bentuk fisik lebih kompleks dan rumit dibandingkan mesin cuci biasa. Pastinya memiliki buku panduan yang lebih lengkap agar saat pengoperasian mesin cuci koin laundry sesuai dan tepat dengan fungsinya. Di dalam buku pedoman biasanya berisi langkah-langkah awal dalam mengoperasikan mesin cuci dengan dijelaskan secara detail dan lengkap. Hal tersebut pun perlu sekali diperhatikan, karena sebagian besar orang masih menganggap remeh tentang buku pedoman atau buku panduan yang mungkin dianggap sebagai penghias saja.

4. Membersihkan Mesin Cuci Setelah Digunakan

Perawatan mesin cuci koin laundry yang terakhir ialah dengan selalu membersihkan mesin cuci setelah digunakan. Hal tersebut dapat dilakukan pada akhir setelah digunakan oleh pelanggan setiap harinya. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua pelanggan memperhatikan kebersihan mesin cuci setelah melakukan pencucian. pasalnya, sebagian besar noda, busa atau air yang masih tertinggal di dalam setelah pencucian akan membuat mesin cuci cepat menjemput mautnya atau mengalami kerusakan. Pembersihan dapat dilakukan di seluruh sudut mesin cuci, baik itu di bagian luar mesin hingga ke bagian terpencil yang luput dari pandangan dan jangkauan biasanya di bagian dalam mesin. Oleh sebab itu, sebelum menutupnya dipastikan bahwa mesin cuci koin laundry sudah dalam keadaan benar-benar bersih dan kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat