Persiapan Membuka Usaha Laundry

Pilihan untuk memulai bisnis membuka usaha laundry merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan pemasukan keuangan di samping bekerja rutin sebagai pegawai. Bahkan justru suatu bisnis dapat dijadikan sebagai lahan utama dalam meraup rupiah. Berbagai bisnis dapat Anda geluti, mulai dari yang usaha yang mudah hingga yang berisiko tinggi. Salah satu di antaranya ialah usaha penatu (laundry) atau jasa cuci pakaian. Bisnis ini kian marak muncul di zaman modern saat ini, mengingat di tengah kesibukan aktivitas pekerjaan seseorang, usaha ini dapat membantu dan meringankan pekerjaan rumah yang ada. Oleh sebab itu, usaha ini kini tidak hanya berada di kota besar, tetapi juga sudah merambah ke berbagai pedesaan. 

Usaha laundry merupakan bisnis yang semua orang bisa melakukannya karena tidak harus memiliki keterampilan tinggi. Asalkan memiliki kemauan dan kegigihan dalam berusaha. Di samping itu, usaha ini juga dapat dijalankan di rumah sehingga mudah untuk dikelolanya. Selain itu, untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu membutuhkan modal yang sangat tinggi untuk peralatannya. Minimal terdapat peralatan mesin cuci, setrikaan, dan berbagai aksesori pendukung lainnya. Namun demikian, usaha ini juga dapat memiliki keuntungan yang cukup tinggi dan menggiurkan.

Langkah-Langkah Membuka Usaha Laundry

Untuk memulai suatu usaha diperlukan persiapan dan perancangan yang cukup matang agar usaha berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut nantinya akan berguna untuk meminimalisasi kendala atau risiko yang akan muncul. Oleh sebab itu, simaklah dan pahami secara saksama beberapa persiapan dalam membuka bisnis laundry berikut ini.

1. Meriset Segala Sesuatu Tentang Usaha Laundry

Hal yang paling utama dan mendasar untuk memulai membuka usaha ini ialah dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai segala sesuatu tentang bisnis laundry. Hal tersebut nantinya akan bermanfaat untuk mengetahui segala seluk beluk mulai dari peluang, langkah-langkah awal yang harus dilakukan, persiapan peralatan, desain pelayanan. Biaya-biaya operasional, kekurangan, dan sabagainya. Riset dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu bisa bertanya pada orang yang paham tentang bisnis laundry atau bisa melakukan pencarian di internet.

2. Menentukan Modal

Setelah kegiatan meriset, tahap selanjutnya ialah menentukan dan menghitung modal yang akan digunakan dalam membuka bisnis. Walau bisnis laundry dikatakan mudah, tetapi tetap harus memperhitungkan segala modal yang akan digunakan. Modal bisnis laundry tidak hanya berupa mesin cuci dan setrikaan saja. Namun, juga harus memperhitungkan dengan detail segala kebutuhan-kebutuhan lainnya, seperti sewa tempat jika menyewa, gaji karyawan, biaya listrik, dan kebutuhan aksesori lainnya. 

Baca juga : Laundry Koin, Bisnis yang Sedang Trend di Indonesia

3. Menentukan Strategi Lokasi

Penentuan lokasi untuk membuka usaha jasa ini juga harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, strategi pemilihan lokasi juga sangat penting karena lokasi akan menentukan sepi atau ramainya pelanggan. Seperti halnya memulai bisnis ini, Anda dapat menentukan lokasi di rumah sehingga waktu akan terasa fleksibel dan nyaman. Selain itu, Anda juga dapat menyewa tempat yang strategis. Sementara itu, sebelum Anda menentukan lokasi bisnis ini, Anda harus paham pula siapa target pasar Anda. Hal tersebut akan memudahkan untuk menentukan lokasi.

4. Menentukan Harga Jasa

Penentuan harga jasa laundry harus diperhatikan dengan baik berdasarkan perhitungan keuangan modal dan pemasukan. Selain itu, untuk menentukan harga jasa juga harus memperhatikan harga pasaran jasa serta beberapa elemen lainnya. Hal tersebut agar tidak terjadi ketidakseimbangan harga pada laundry Anda dengan harga di pasaran yang ada. Adapun beberapa elemen yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga jasa, yaitu sebagai berikut.

  1. Modal di awal;
  2. Pembelian dan perawatan peralatan laundry;
  3. Biaya-biaya sewa;
  4. Gaji karyawan;
  5. Beban listrik, dan sebagainya.

5. Menentukan Strategi Marketing

Bidik sasaran konsumen Anda dengan tepat, untuk dapat menentukan target pasar yang tepat Anda dapat menentukan berbagai cara strategi marketing untuk menyebarluakan informasi usaha jasa laundry kepada khalayak umum. Selain itu, strategi marketing dapat Anda lakukan sebagai branding jasa usaha laundry. Dengan demikian, hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menarik pelanggan baru. Penentuan strategi marketing yang tepat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut ini beberapa strategi marketing sederhana yang dapat Anda lakukan guna menarik pelanggan baru.

  1. Membuat berbagai promosi sebagai langkah awal mengenalkan usaha jasa Anda.
  2. Melakukan penyebaran informasi melalui iklan di berbagai media, baik media daring maupun luring, seperti melalui media sosial Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, Blogspot, Kaskus, dan sebagainya. Sementara untuk media luring, Anda dapat mengiklankan jasa Anda melalui koran, majalah, atau poster yang ditempelkan di jalan-jalan umum.
  3. Menginformasikan melalui verbal secara langsung dengan orang-orang terdekat Anda.

6. Memastikan Teknis Peralatan Berjalan dengan Baik

Sebagai langkah awal memeriksa dan memastikan segala kebutuhan peralatan pada bisnis laundry perlu dilakukan dengan teliti. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan kendala jika tidak diperiksa atau dicek di awal. Seperti memastikan alat berfungsi dan berjalan dengan baik, tidak ada kerusakan pada beberapa komponen, dan sebagainya. Oleh sebab itu, apabila terjadi kerusakan komponen di awal dapat diperbaiki secara dini sehingga akan meminimalisasi biaya perbaikan pada alat.

Untuk dapat memastikan peralatan alat berjalan dengan baik, Anda dapat memeriksa atau memperbaiki alat-alat tersebut sendiri. Namun, apabila tidak ditangani secara sendiri dapat menggunakan jasa perbaikan servis yang ada di pasaran. 

7. Buat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan merupakan hal penting yang wajib diperhatikan kepada pelanggan. Hal tersebut semata-mata untuk memuaskan pelayanan jasa terhadap pelanggan. Akibatnya, pelanggan akan merasa nyaman dan betah untuk selalu melakukan laundry di tempat usaha Anda. Bahkan tak jarang bagi konsumen yang merasa sangat puas terhadap pelayanan suatu jasa, mereka akan merekomendasikan usaha Anda kepada orang-orang lain. Hal demikian, tentunya akan menambah pelanggan baru dan jangkauan usaha Anda akan lebih mudah tersebar luas di masyarakat. Pelayanan yang memuaskan dapat terjadi dari berbagai aspek pelayanan. Adapun aspek-aspek tersebut sebagai berikut.

8. Pelayanan kecepatan

Kecepatan dalam usaha jasa laundry merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Semakin cepat, akan membuat palanggan merasa lebih nyaman dan menyenangkan. Pasalnya, tak jarang bagi sebagian pelanggan melakukan laundry agar pakaian tersebut cepat kering dan segera untuk dikenakan. Oleh sebab itu, sebagai langkah awal Anda dapat menerapkan sistem pelayanan cepat terhadap proses laundry, tetapi tetap memperhatikan tingkat kebersihan yang tinggi. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas dan tidak menutup kemungkinan akan balik lagi menggunakan jasa laundry Anda.

9. Pelayanan kebersihan dan kewangian

Pelayanan kebersihan dan kewangian yang tinggi terhadap usha Anda juga sangat perlu diperhatikan dan dijaga. Kebersihan dan kewangian merupakan salah satu faktor penting juga dalam bisnis laundry. Seorang pelanggan akan menilai tingkat kebersihan dan kewangian pada pakaian yang telah ditaruh pada laundry Anda. Gunakan pewangi yang tidak merusak bahan pakaian. 

10. Pelayanan keramahan terhadap pelanggan

Bentuk pelayanan keramahan terhadap pelanggan secara langsung juga sangat perlu diperhatikan dan dilaksanakan. Selalu melayani pelanggan dengan ramah, akan membuat pelanggan membuat nyaman sehingga akan membuat pelanggan selalu melakukan laundry di tempat Anda. Selain itu, keramahan juga dapat menciptakan kerukunan dan meningkatkan silaturahmi antara pihak jasa laundry dengan pelanggan.

Itulah beberapa persiapan yang dapat dilakukan dalam memulai atau membuka usaha Laundry atau penatu. Untuk kesuksesan usaha Anda ke depannya, ditentukan oleh proses dan waktu yang berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat