6 Cara Membersihkan Pakaian dengan Bahan Alami

bahan alami

Berbagai cara dilakukan guna membersihkan pakaian dari noda yang membandel baik itu menggunakan bahan kimia atau bahan alami. Saat ini tersedia berbagai jenis detergen atau sabun pembersih dan pewangi guna mengembalikan pakaian menjadi bersih dan harum. Pasalnya, noda atau kotoran membandel yang menempel pada pakaian Anda akan meninggalkan jejak atau sulit dihilangkan jika pembersihan tidak dilakukan dengan tepat. Tentunya, hal tersebut sangat merugikan sang pemilik apabila sejumlah pakaian terkena noda atau kotoran yang sangat membandel hingga berusaha ekstra untuk membersihkan. Sebab bahan pakaian yang sering terkena noda membandel dan permbersihannya tidak tuntas atau tidak tepat, lambat laun akan merusak bahan pakaian, seperti akan menjadi kusam, warna memudar, bahan menipis, dan sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan noda atau kotoran yang membandel apabila tidak mempan menggunakan detergen yang dijual di pasaran. Anda bisa mencoba untuk menggunakan bahan alami sebagai pembersih, detergen, atau alat untuk membersihkan pakaian. Oleh karena itu, pada artikel ini akan diulas 6 cara pembersih pakaian dengan bahan alami. Namun, sebelum itu perlu diketahui juga bahwa terdapat beberapa keuntungan saat Anda membersihkan pakaian dengan bahan alami, di antaranya sebagai berikut.

1. Bahan mudah diperoleh, keuntungan yang pertama ialah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan pakaian pun cukup mudah diperoleh. Anda bisa menggunakan bahan-bahan dalam kehidupan sehari-hari, seperti baking soda, garam, lemon, dan sebagainya. Selain itu, untuk memperolehnya pun dapat dibeli di toko terdekat atau di pasar daerah Anda.

2. Menghemat biaya pengeluaran, dengan menggunakan bahan alami biaya yang dikeluarkan pun lebih murah dibandingkan dengan harga detergen yang cukup menguras kantung. Pasalnya, harga detergen sudah termasuk biaya tambahan lain-lain. Namun demikian, alternatif penggunaan bahan alami sebagai pencuci pakaian dapat digunakan jika memang sangat dibutuhkan dan apabila menggunakan detergen sudah tidak mempan.

3. Cara yang cukup mudah, cara yang dilakukannya pun cukup mudah tidak memperlukan keahliah khusus untuk mencuci pakaian dengan menggunakan bahan alami. Anda cukup mencucinya secara tradisional dengan menggunakan tangan dan penggilesan. Tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci.

4. Tidak merusak bahan pakaian, tentu saja bahan alami ini tidak merusak bahan pakaian jika dilakukan secara benar dan tepat. Oleh karenanya, cukup aman menggunakan bahan alami jika menggantikan peran dari detergen.

5. Cukup efektif, membersihkan pakaian dengan bahan alami juga dapat dikatakan efektif menghilangkan noda atau kotoran yang membandel. Namun, hal tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten.

Baca Juga: 8 Tips Membersihkan Sepatu Putih

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut 6 cara membersihkan pakaian dengan bahan alami versi Koin Laundry yang bisa Anda ikuti sebagai referensi atau alternatif saat ingin mencuci pakaian.

1. Garam

Yah Anda tak perlu kaget mendengar kata ‘garam’, karena garam dapat dijadikan sebagai bahan untuk membersihkan pakaian dari noda atau kotoran yang membandel. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara ini. Padahal cara ini dapat dikatakan cukup efektif dan efisien. Caranya pun cukup mudah sebagai berikut.

– Tuangkan beberapa sendok garam ke area pakaian yang terkena noda membandel.
– Lalu sikatlah perlahan hingga noda menghilang. Tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat, karena butiran garam mampu memudarkan noda atau kotoran tersebut secara baik.
– Setelah dirasa bersih, bilas dengan air sampai mengalir. Bisa menggunakan air hangat atau air dingin. Agar lebih bersih dapat dikucek kembali secara ringan.

2. Air Perasan Lemon

Jika pakaian putih Anda terkena noda berwarna, seperti noda sambal, es krim, dan sebagainya. Maka untuk membersihkan dan mengembalikan warna putih pakaian tersebut cukup mudah. Anda hanya memerlukan air perasan lemon secukupnya. Pasalnya, air lemon memiliki kandungan asam asetat yang mampu dijadikan sebagai pemutih untuk mengembalikan warna putih pada pakaian. Selain itu, jika pada area tertentu pakaian Anda berwarna kuning bisa dibersihkan dengan air perasan lemon, caranya pun cukup mudah.

– Ambillah air perasan lemon secukupnya.
– Rendam bagian pakaian yang terkena noda membandel ke dalam air perasan lemon tersebut. Diamkan beberapa saat.
– Lalu sikatlah secara lembut dan rata agar noda menghilang.
– Setelah itu, bersihkan dengan air mengalir sampai noda luntur.

3. Air Perasan Jeruk Nipis

Selain air perasan lemon, ternyata air perasan jeruk nipis juga mampu dimanfaatkan untuk membersihkan pakaian dari noda, kotoran, hingga jamur membandel. Caranya pun tidak berbeda jauh dengan cara pada air perasan lemon. Namun, kandungan dalam jeruk nipis lebih ampuh dan cepat membersihkan noda bandel. Oleh karenanya, penggunaan air perasan jeruk nipis harus diperhatikan dengan bijak.

– Peras jeruk nipis secukupnya, buang biji jeruk nipis yang tidak terpakai.
– Cipratkan atau teteskan air perasan jeruk nipis pada area pakaian yang terkena noda atau kotoran secukupnya.
– Lalu sikatlah secara berulang hingga noda luntur dan menghilang.
– Bilaslah dengan air mengalir hingga bersih.

4. Cuka Putih

Cuka putih memang sudah tidak diragukan lagi selain sebagai pelengkap makanan, tetapi juga berfungsi sebagai bahan alami untuk membersihkan pakaian dari noda yang sangat membandel, seperti noda jamur. Selain itu, cuka putih juga mampu menghilangkan kuning pada bagian ketiak, mampu memutihkan dan mencerahkan pakaian berwarna putih. Caranya pun cukup mudah diaplikasikan secara mandiri.

– Campurkan cuka putih dengan sedikit air agar lebih larut.
– Siramkan pada bagian pakaian yang terkena noda membandel, lalu sikatlah secara lembut hingga noda menghilang.
– Setelah itu, dapat disikat dengan tambahan detergen agar lebih bersih.
– Bilaslah hingga bersih.

5. Boraks

Siapa yang menyangka bahwa bahan alami boraks selain untuk mengawetkan daging, tetapi juga dapat digunakan untuk membersihkan pakaian dari noda yang membandel. Pasalnya, boraks mengandung senyawa natrium, boron, air, dan oksigen yang mampu bekerja sama untuk melenyapkan noda dan kotoran yang nempel membandel. Akan tetapi, bahan boraks dapat membuat sebagian kulit manusia mudah iritasi. Oleh karenanya, penggunaan boraks harus diperhatikan kadarnya, jangan terlalu kebanyakan. Caranya pun cukup mudah.

6. Kapur Putih

Tampaknya bahan alami yang satu ini sudah banyak diketahui sejak dahulu. Pasalnya, bahan kapur putih dipercaya dan diketahui mampu menghilangkan noda berminyak yang membandel pada pakaian. Hingga saat ini, cara tersebut pun ampuh dilakukan. Caranya pun cukup mudah.

– Gosokkan kapur putih secara konsisten pada bagian pakaian yang terkena noda berminyak. Usahakan area beminyak tersebut tertutup semua oleh gosokkan kapur putih.
– Tunggu kurang lebih 5-10 menit hingga kapur menyerap ke area noda berminyak tersebut.
– Setelah itu, sikat secara berulang hingga noda berminyak tersebut luntur.
– Lalu bilaslah dengan air bersih yang mengalir agar cairan noda berminyak tersebut tidak menyebar ke bagian lainnya.

Nah, demikianlah 6 cara membersihkan pakaian dengan bahan alami yang dapat Anda terapkan dan coba dilakukan sendiri di rumah sebagai alternatif membersihkan pakaian dari noda membandel. Anda bisa melakukan hal tersebut secara konsisten agar pakaian Anda kembali seperti semula!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat