8 Tips Membersihkan Sepatu Putih

membersihkan sepatu putih

Apakah Anda memiliki sepatu berwarna putih? Lalu ketika kotor parah terutama saat musim hujan akan mudah kotor karena noda atau cipratan air. Nah, saat mencuci sepatu berwarna putih mungkin Anda bingung menemukan solusi dan formula agar sepatu tersebut kembali berwarna putih yang bening dan bersih. Tenang saja, sejatinya Anda bisa kok mengembalikan lagi warna putih seperti semula bahkan bisa lebih konclong sehingga bisa membuat tampilan Anda menjadi lebih elegan dan mewah. Oleh karenanya, tidak usah takut lagi menggunakan sepatu berwarna putih saat musim hujan. Berikut 8 tips membersihkan sepatu putih Anda agar lebih bersih dan kembali kinclong.

1. Menggunakan Cuka

8 tips membersihkan sepatu putih yang pertama Anda lakukan jika terkena noda yang membandel cukuplah mudah. Anda bisa mencucinya dan membersihkannya cukup dengan cuka tanpa harus membasuh keseluruhan sepatu sampai basah. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, ikuti langkah berikut.

– Lap/sikat terlebih dahulu bagian sepatu yang terkena noda atau kotoran dengan sabun cuci biasa. Bilas hingga bersih.
– Lalu berikan dengan menuangkan cairan cuka langsung di atas permukaan sepatu yang terkena noda/kotoran. Sikatlah secara perlahan hingga bersih, diamkan beberapa menit.
– Jika kotoran/noda belum menghilang, lakukanlah secara berulang-ulang. Hingga sepatu tampak kembali putih dan bersih. Jemurlah di bawah terik matahari langsung agar cepat kering.

2. Menggunakan Pasta Gigi

Bagi pecinta sepatu, pasti sebagian besar mengetahui cara ini. Sepatu putih yang mulai menguning karena noda atau plak mengumpul dapat dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi. Dianjurkan menggunakan pasta gigi berwarna putih agar hasilnya lebih maksimal. Langkah-langkah membersihkannya pun sangat mudah, sebagai berikut.

– Oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian sepatu yang berwarna putih, usahakan jangan sampai terkena bahan atau bagian sepatu yang berwarna selain putih, karena pasta gigi dapat mengubah warna tersebut menjadi putih.
– Jika seluruh sepatu berwarna putih, Anda bisa mengoleskan pasta gigi secara keseluruhan bagian.
– Lalu sikatlah/gosoklah secara perlahan dan dengan arah yang teratur agar hasilnya lebih optimal. Diamkan hingga beberapa menit.
– Setelah itu, lap dengan kain basah pada bagian yang terdapat pasta gigi. Tanpa menyiram basah sepatu dengan air, bagian yang kotor pun kini kembali bersih dan kinclong.
– Cukup keringkan dengan kain atau lap kering saja.

3. Menggunakan Lemon

Ternyata air perasan lemon juga bisa membersihkan sepatu putih agar tampak lebih putih dan bersih. Pasalnya, lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu proses pembersihan dan membuat harum sepatu. Caranya pun cukup mudah, sebagai berikut.

– Campurkan air perasan lemon dengan air dingin, aduk hingga merata.
– Celupkan pons atau kain ke dalam campuran air tersebut.
– lalu gosokkan atau lap dengan tenaga yang cukup kencang hingga noda menghilang. bila perlu menggunakan alat sikat gigi atau sikat kecil agar pembersihan lebih optimal.
– Lap bersihkan dengan kain kering. Jemurlah sepatu hingga kering.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jamur di Baju

4. Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Siapa yang menyangka bahwa pembersih cucian piring ternyata bisa juga digunakan sebagai pembersih sepatu putih apabila terkena kotoran atau noda membandel. Namun, cara ini tidak dianjurkan terlalu sering digunakan karena dapat merusak lapisan bahan sepatu jika sering dilakukan. langkah-langkahnya sebagai berikut.

– Ambil satu sendok makan sabun pencuci piring berbagai merek.
– campurkan ke dalam air hangat, aduk hingga merata.
– Lalu celupkan seluruh atau sebagian sepatu ke dalam air campuran tersebut.
– Sikatlah sepatu secara perlahan dan berulang. teknik menyikatnya harus satu arah, jangan asal-asalan karena dapat menyebarnya kotoran.
– Bilaslah hingga bersih.

5. Tidak terlalu Sering Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Tips membersihkan sepatu putih tidak terlalu sering mencuci menggunakan mesin cuci, walaupun terdapat mesin cuci khusus sepatu. Namun, mencuci sepatu dengan mesin cuci secara keseringan akan membuat bahan sepatu mudah rusak. Intensitas mencuci sepatu di mesin cuci disarankan 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Pasalnya, jika terlalu sering akan membuat kulit atau bahan sepatu mudah tergerus karena putaran di dalam mesin. Selain itu, mencuci secara manual akan lebih aman.

6. Membersihkan Sepatu Putih dengan Tisu Basah

Jika sepatu putih Anda sudah mulai menguning, cara membersihkannya dengan bahan tisu basah. Bungkuslah sepatu putih Anda yang terkena noda/kotran dengan menggunakan tisu basah, lalu diamkan hingga beberapa saat. Jika tisu sudah kering dan noda menempel pada tisu yang ditandai dengan warna tisu basah tersebut menguning. Anda bisa melepaskan tisu tersebut dari sepatu. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali sampai benar-benar noda menempel di tisu dan seluruh noda terangkat. Selain itu, dengan tisu atau koran basah bisa pula mempercepat pengeringan pada sepatu dengan cara yang sama.

7. Menggunakan Shampo untuk Membersihkan Noda Berminyak

Saat sepatu putih Anda terkena noda berminyak tenang saja, tidak usah panik. Anda bisa membersihkannya dan menghilangkan noda berminyak tersebut dengan bahan shampo. Berbagai merek shampo umumnya bisa mengangkat dan menghilangkan noda berminyak dari permukaan sepatu berwarna putih. Anda bisa berikan cairan shampo secukupnya pada bagian permukaan sepatu dan sikat secara perlahan. Akan tetapi, cara ini tidak langsung menghilangkan warna minyak yang masih menempel. Anda harus membersihkannya kembali dengan bahan lainnya agar lebih bersih.

8. Membersihkan dengan Pemutih

Langkah ini merupakan cara terakhir jika beberapa cara di atas telah dilakukan secara maksimal, tetapi kurang membuat warna sepatu Anda lebih putih seperti semula. Dengan menggunakan bahan pemutih, setidaknya dapat membuat warna menjadi lebih kinclong putih. Akan tetapi, cara ini tidak dianjurkan dilakukan berulang kali karena senyawa kimia pada pemutih yang dapat mengikis bahan sepatu. Maka, lakukan ini hanya sebagai alternatif terakhir. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, sebagai berikut.

– Campurkan pemutih secukupnya pada sebuah wadah yang sudah dicampurkan dengan air. Saat Anda mencuci sepatu dengan bahan pemutih usahakan menggunakan sarung tangan. Pasalnya, tidak sedikit tangan yang sensitif terhadap bahan pemutih, hal tersebut guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
– Sikatlah seluruh bagian sepatu dengan campuran air pemutih tersebut, tidak usah dicampurkan dengan sabun pencuci. cukup dengan cairan pemutih tersebut.
– Lakukan beberapa kali hingga noda hilang dan permukaan kembali bersih dan putih. diamkan beberapa menit, lalu bilaslah dengan air hangat. Pastikan seluruh bagian sepatu terkena cairan pemutih tersebut.
– Lalu bilaslah dengan air biasa dan jemur untuk mengeringkannya.

Nah, 8 tips membersihkan sepatu putih seperti di atas dapat Anda coba lakukan guna membuat sepatu putih menjadi lebih kinclong dan bersih. Namun, perlu diingat bahwa melakukan hal tersebut harus benar-benar konsisten agar hasilnya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan kami