Cara Menghilangkan Jamur di Baju

menghilangkan jamur

Pakaian khususnya baju pasti tidak terlepas dari yang namanya terkena noda, bakteri hingga jamur. Hal tersebut bisa terjadi karena aktivitas manusia yang selalu bersentuhan dengan dunia luar. Oleh karenanya, sangatlah wajar jika saat proses mencuci baju terkadang ditemukan noda membandel bahkan jamur yang sulit dihilangkan. Jika hal tersebut terjadi pastinya akan merasa kesal bukan? Pastinya Anda ingin menghilangkan jamur tersebut.

Berbagai penyebab timbulnya jamur pun beraneka ragam, salah satu penyebabnya ialah teknik cuci yang salah, mengangkat jemuran masih dalam keadaan basah atau belum kering. Apabila baju terkena jamur pastinya akan mengganggu penampilan Anda karena jamur akan mengubah warna baju menjadi lebih kusam dan timbul bintik-bintik kuning atau cokelat sehingga tidak sedap dipandang. Tentu saja, hal tersebut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda.

Namun tenang saja, apabila baju terkena jamur sebenarnya bisa dihilangkan dengan cara penanganan yang tepat. Anda tak perlu panik jika jamur mulai menyerang baju. Ikuti langkah-langkah berikut cara menghilangkan jamur di baju sehingga baju Anda bisa kembali seperti semula. Namun, jika jamur tersebut sudah bersarang dan menempel di baju dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka Anda perlu melakukan cara ini lebih ekstra agar jamur benar-benar hilang dan tak kembali. Bahan-bahan yang diperlukan pun cukup mudah dibeli di lingkungan Anda.

1. Menggunakan Boraks

Sudah tak asing lagi bahwa bahan boraks dapat menghilangkan jamur membandel yang menempel di baju. Pasalnya, boraks mengandung mineral yang cukup ampuh untuk melawan jamur. Anda bisa membeli boraks dalam bentuk bubuk. Sebenarnya, di beberapa detergen mengandung boraks, tetapi dalam jumlah yang tidak banyak. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, sebagai berikut.

– Campurkan serbuk boraks dengan air hangat. Aduklah merata hingga seperti membuat pasta.
– Oleskan campuran boraks tersebut pada bagian baju yang terkena jamur dengan sikat gigi bekas agar lebih efektif. Diamkan beberapa jam hingga boraks menyerap ke bahan baju tersebut.
– Jika baju yang terkena jamur banyak, Anda bisa sekaligus menuangkan campuran boraks tersebut ke tumpukan baju yang terkena jamur tersebut.
– Setelah itu, sikatlah dan cuci seperti biasa bisa ditambahkan pula dengan sabun atau detergen agar lebih efektif lagi.
– Bilaslah jika jamur di baju sudah benar-benar hilang. Jemurlah di bawah terik matahari langsung agar baju benar-benar dalam keadaan kering.

2. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan jamur di baju selanjutnya ialah dengan menggunakan baking soda. Bahan baking soda juga sudah dikenal mampu efektif untuk menghilangkan jamur yang membandel di baju. Anda bisa membeli baking soda di warung-warung terdekat. Caranya pun cukup mudah dan tidak terlalu rumit, ikuti langkah-langkah berikut ini.

– Buatlah pasta dengan mencampurkan baking soda dengan air secukupnya. Lalu aduklah hingga merata.
– Oleskan pasti baking soda tersebut ke bagian baju yang terkena jamur dengan menggunakan sikat bulu yang halus dan lembut atau bisa menggunakan sikat gigi.
– Diamkan kurang lebih 15 – 20 menit. Setelah itu, sikat secara rata sampai jamur menghilang. Biasanya jamur di baju terlihat berwarna kuning atau cokelat seperti itu.
– Bilaslah dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Jika jamur belum menghilang, ulangi langkah tersebut sampai benar-benar hilang.

Baca Juga: Cara Membuat Usaha Laundry Kiloan Laris

3. Campuran Jeruk Nipis dan Garam

Anda juga bisa menggunakan campuran jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan jamur yang membandel. Jeruk nipis dan garam pun sangat aman diaplikasikan pada bahan pakaian. Pasalnya, tidak merusak bahan baju. Namun penggunaannya, harus dalam batas yang wajar tidak berlebihan. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

– Peraslah jeruk nipis dan ambil airnya saja.
– Kemudian campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan garam sebanyak kurang lebih 1-2 sendok makan. Tuangkan ke dalam air hangat di dalam wadah untuk mencuci baju tersebut. Aduklah hingga merata.
– Rendamkan baju ke dalam campuran larutan air hangat tersebut. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga meresap ke bahan pakaian.
– Lalu sikatlah baju tersebut sampai benar-benar jamur hilang, Anda bisa tambahkan dengan deterjen ke bagian jamur tersebut.
– Jika jamur sudah terlihat hilang, Anda bilas hingga bersih. Jemurlah baju tersebut di bawah sinar terik matahari.

4. Menggunakan Cuka Putih

Cara menghilangkan jamur yang menempel di baju juga bisa menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan yaitu cuka putih. Bahan cuka ternyata juga efektif menghempas jamur. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, ikuti langkah berikut.

– Campurkan cuka putih dengan air dingin dengan takaran yang sebanding dan secukupnya. Tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Aduklah hingga merata.
– Celupkan atau usapkan campuran cairan cuka tersebut pada bagian baju yang terkena jamur. Alternatif lainnya, Anda juga bisa merendam baju ke dalam cairan tersebut beberapa jam jika jamur memang banyak dan sudah parah.
– Sikatlah secara merata dan diamkan 10 menit.
– Lalu bilaslah dengan air bersih. Anda juga bisa mencuci kembali dengan tambahan detergen dan sikatlah sampai benar-benar bersih.
– Jika sudah bersih, jemurlah di bawah terik matahari langsung agar noda jamur yang tersisa bisa menguap dan hilang dari baju.

5. Menggunakan Pemutih Jika Baju Berwarna Putih

Jika baju Anda berwarna putih, langkah yang tepat dapat menggunakan pemutih. Jadi, selain bisa menghilangkan jamur, tetapi sekaligus bisa memutihkan warna baju ibarat sekali mendayung dua pulau terlampaui. Namun, hal ini jangan pernah dilakukan pada baju yang bukan berwarna putih karena akan memudarkan warna. Oleh karena itu, cara ini sangat dianjurkan dan direkomendasikan untuk baju yang berwarna putih. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

– Campurkan pemutih dengan air secukupnya, aduklah hingga merata.
– Rendamkan baju yang terkena jamur ke dalam larutan pemutih tersebut. Diamkan kurang lebih 20-30 menit.
– Lalu sikatlah dengan detergen pada bagian baju tersebut bilas hingga jamur benar-benar menghilang.
– Bilaslah hingga bersih. Jemurlah di bawah terik matahari agar hasilnya pun lebih maksimal. Baju pun bisa kembali bersih dari jamur dan seperti semula.

Beberapa cara menghilangkan jamur di baju dengan langkah-langkah di atas akan menjadi efektif dan efisien, jika dilakukan secara serius dan konsisten. Langkahnya pun mudah dan tidak terlalu rumit. Dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar pun dapat menghilangkan jamur dari baju dan bisa sedikit mengembalikan seperti semula. Untuk harga bahan-bahan tersebut pun cukup terjangkau tidak merogoh kocek terlalu mendalam. Terpenting bisa dilakukan secara sendiri di rumah. Namun, jika langkah di atas tidak mempan menghilangkan jamur di baju maka langkah selanjutnya ialah Anda dapat menggunakan jasa laundry atau tidak menggunakan baju tersebut lagi alias dibuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan kami