Cara Membuat Usaha Laundry Kiloan Laris

laundry kiloan

Sebagai suatu usaha atau bisnis, jasa laundry kiloan atau binatu bisa diperhitungkan dan tidak dianggap remeh. Pasalnya, dengan Anda membuka usaha laundry kini bisa menjadi bisnis yang cukup menguntungkan dan menggiurkan. Terlebih jika dilakukan secara serius atau sebagai sumber pemasukan utama. Mengingat kebutuhan khalayak orang terhadap jasa cuci-mencuci kini mulai diburu karena terbatasnya waktu akibat kesibukan aktivitas bekerja atau belajar. Maka dari itu, target pasar dari usaha laundry pun kini semakin bervariasi, mulai dari pekerja, keluarga, hingga mahasiswa.

Setelah Anda membuka usaha laundry, tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Namun, harus bisa memutar otak agar usaha laundry tersebut banyak dikunjungi orang agar tetap beroperasi. Oleh karena itu, Anda perlu strategi atau cara membuat usaha laundry kiloan laris manis. Akan tetapi, tips atau cara berikut ini mungkin juga bisa diterapkan untuk usaha koin laundry.

1. Lokasi Laundry yang Strategis

Cara yang pertama bisa dilakukan sebelum membuka jasa laundry ialah dengan menentukan lokasi laundry yang cukup strategis. Pasalnya, dengan lokasi yang cukup strategis akan membuat orang lain mudah mengunjunginya. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha laundry, Anda sebaiknya menganalisis atau mengamati kebutuhan lokasi yang dapat disesuaikan dengan target pasarnya. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan.

– Tentukan lokasi laundry yang berdekatan dengan perumahan padat penduduk, seperti lokasi dekat indekos. Pasalnya, lokasi indekos atau padat penduduk pastinya banyak target para pekerja atau keluarga rumah tangga yang berkemungkinan besar akan menggunakan jasa laundry.
– Bisa juga menentukan lokasi laundry yang berdekatan dengan kampus. Biasanya para mahasiswa enggan atau males untuk mencuci. Oleh karenanya, dengan membuka laundry di dekat kampus bisa membuat peluang usaha laris manis pun semakin tinggi.
– Pilih lokasi yang mudah diakses oleh banyak orang, misalkan di pinggir jalan, jangan terlalu masuk ke dalam karena bisa tidak terlihat. Namun demikian, hal tersebut harus disesuaikan juga dengan modal awal atau budget yang dimiliki untuk menyewa tempat yang sesuai kebutuhan.

2. Pelayanan yang Baik dan Memuaskan Pelanggan

Cara membuat usaha laundry kiloan laris manis juga bisa dilakukan dengan membuat atau meningkatkan pelayanan yang terbaik. Pasalnya, hal tersebut dapat memuaskan pelanggan sehingga kemungkinan bisa membuat pelanggan kembali lagi untuk mencuci pakaiannya. Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan memuaskan pelanggan, di antaranya sebagai berikut.

– Laundry buka dan tutup sesuai tepat waktu. Jangan ngaret untuk membuka laundry. Usahakan selalu tepat waktu.
– Usahakan karyawan selalu ramah terhadap pengunjung yang datang ketika ingin mencucikan pakaiannya. Dengan begitu, akan membuat pelanggan merasa nyaman.
– Pelayanan terhadap pakaian yang dicuci jangan sampai tertukar dengan pakaian orang lain. Jika hal tersebut terjadi, akan berakibat fatal karena tidak sedikit pelanggan yang merasa kecewa atau ilang rasa/ilfil ketika pakaiannya ternyata tertukar dengan orang lain. Apalagi jika yang tertukar pakaian yang sangat penting/urgent.
– Tunjukkan hasil cuci pakaian yang terbaik atau selalu memberikan hasil yang maksimal dan terbaik, seperti dari wanginya, kerapian, hingga packaging saat dikembalikan kepada pelanggan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju

3. Penentuan Harga yang Tepat

Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang persaingannya cukup ketat. Pasalnya, kini laundry kiloan sudah banyak tersebar di seluruh lingkungan masyarakat. Oleh karenanya, salah satu usaha agar laundry laris ialah dengan cara menentukan harga yang tepat dengan target pasarnya. Jika target pasarnya pekerja yang indekos atau para mahasiswa, sebaiknya Anda tidak memasang harga yang terlalu tinggi atau mahal. Sebab hal tersebut akan membuat kemahalan bagi target pasar pekerja indekos atau mahasiswa. Maka pasang hargalah yang sesuai, dalam artian tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah karena bisa merugikan bisnis Anda. Namun demikian, jika Anda ingin memasang harga yanng terjangkau juga selalu tetap memperhatikan kualitas dari hasil cucian. Jangan menurunkan kualitas hasil cucian karena terlalu murah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survei ke beberapa pesaing bisnis laundry yang berada di sekitar lingkungan bisnis Anda tersebut. Hal itu bertujuan agar bisnis laundry kiloan Anda juga bisa bersaing secara sehat dengan laundry kiloan lainnya.

4. Kecepatan dan Ketepatan Waktu Laundry

Kecepatan dan ketepatan waktu laundry juga sangat berpengaruh pada kelarisan laundry kiloan. Semakin cepat dan tepat waktu laundry hingga sampai ke tangan pelanggan maka jasa tersebut akan selalu diburu oleh pengguna. Namun sebaliknya, semakin lama atau tidak tepat waktu suatu laundry maka hal tersebut akan membuat kecewa pelanggan dan merasa kapok sehingga kemungkinan besar enggan kembali ke laundry tersebut. Jasa laundry yang cepat akan selalu diburu penggunanya, terlebih jika pengguna tersebut sedang membutuhkan pakaian tersebut segera dipakai maka pelayanan yang cepat dan tepat waktu sangat membantu dan membuat pelanggan merasa puas. Jangan pernah mengulur-ngulur waktu pakaian laundry pelanggan, karena apabila hal tersebut sering terjadi akan membuat pelanggan merasa kapok. Apalagi jika seorang pelanggan yang sudah datang untuk mengambil hasil laundryannya karena sesuai jadwal, tetapi pakaiannya belum kering atau belum dibungkus maka hal tersebut dapat membuat pelanggan akan kecewa.

5. Strategi Pemasaran yang Tepat Sasaran

Strategi pemasaran atau marketing sangat perlu dilakukan guna mensosialisasikan atau memperkenalkan bisnis laundry Anda. Terlebih saat ini banyak hal yang bisa dilakukan guna membuat strategi pemasaran yang kreatif, inovatif, dan tepat sasaran. Misalkan seperti berikut.

– Membuat promosi mencuci pakaian 2 kg gratis cucian tambahan 2 potong pakaian.
– Membuat promosi potongan harga / diskon yang dapat menarik pelanggan.
– Memperkenalkan atau mengiklankan di seluruh media sosial. Terlebih saat ini sudah banyak selebgram atau influencer. Nah, Anda bisa mencoba jasa mereka untuk mengiklankan laundry Anda. Walaupun merogoh kocek yang cukup lumayan, tetapi hal tersebut cukup efektif. Apalagi jika influencer tersebut memiliki pengikut yang jumlahnya sangat banyak. Maka peluang larisnya pun semakin besar.
– Membuat iklan pemasaran secara offline, dengan menebarkan flyer atau pamflet, dan sebagainya.

6. Menyediakan Berbagai Fitur/Pelayanan yang Bervariasi

Agar tidak bosan dan juga laris manis, Anda dapat mengembangkan pelayanan laundry kiloan menjadi lebih bervariasi. Seperti misalkan dengan menambah pelayanan laundry ekspres, laundry pesan-antar, laundry kiloan untuk barang-barang lain seperti tas, sepatu, selimut, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pelayanan laundry Anda akan semakin bervariasi dan segar. Hal tersebut dapat berkemungkinan besar membuat laundry kiloan Anda menjadi lebih laris manis dan banyak dikunjungi pelanggan.

Cara membuat usaha laundry kiloan laris manis di atas bisa Anda coba terapkan, jika telah memiliki bisnis laundry kiloan. Pasalnya, beberapa tips di atas cukup efektif dalam menarik minat dan perhatian pelanggan. Dengan demikian, usaha laundry kiloan pun bisa semakin berkembang dan bertumbung pesat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan kami