Teknik Mencuci Pakaian yang Benar

mencuci pakaian

Siapa yang sangka bahwa mencuci juga ada tekniknya loh! Tidak sembarangan saja dalam mencuci. Mencuci dengan teknik yang baik dan benar akan membuat proses pencucian lebih baik serta pakaian yang dihasilkan pun tetap terjaga kualitas bahannya. Secara umum, terdapat beberapa manfaat apabila menerapkan teknik mencuci pakaian yang benar, berikut ini manfaatnya versi Koin Laundry.

1. Menjaga Kualitas Bahan Pakaian

Mencuci pakaian dengan memperhatikan dan menerapkan teknik-teknik yang tepat akan dapat menjaga kualitas bahan pakaian. Pasalnya, apabila mencuci dengan teknik yang asal-asalan atau secara sembarangan akan dapat merusak kualitas pakaian, seperti warna pakaian mudah luntur, bahan pakaian cepat tipis, bahkan yang lebih parah cepatnya sobek pada bahan pakaian. Untuk menghindari hal-hal tersebut maka lakukan pencucian sesuai dengan teknik dan prosedur yang benar.

2. Proses Pencucian Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Dengan mencuci pakaian sesuai teknik dan prosedur yang tepat akan membuat proses pencucian menjadi lebih efektif dan efisiensi. Efektif dari segi waktu yang tidak membuang-buang waktu percuman, efektif tenaga apabila mencuci dengan manual, dan sebagainya. Sementara itu, dari segi efisiensi, ialah efisiensi penggunaan air yang tepat guna sehingga tidak mubazir, efisiensi penggunaan detergen, hingga efisiensi pengeringan pakaian setelah dicuci. Dengan demikian, hal tersebut dapat membantu dan mempercepat proses pencucian pakaian apabila teknik dan prosedur benar-benar diterapkan secara optimal.

3. Terhindar dari Kecelakaan Kerja

Faktor terpenting juga ialah dengan menerapkan teknik dan prosedur yang baik dan benar saat mencuci pakaian, dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja sehingga dapat mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun risiko kecelakaan kerja dalam mencuci sangat sedikit, tetapi dapat juga terjadi. Terlebih pada saat mencuci pakaian dengan mesin cuci. Adapun risiko kecelakaan yang dapat dihindari apabila menerapkan hal tersebut saat mencuci pakaian secara manual dan menggunakan mesin cuci, seperti, tangan terluka, iritasi, hingga yang paling parah tersengat listrik.
Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan apabila setidaknya saat mencuci memperhatikan dan menerapkan teknik serta prosedur mencuci pakaian dengan baik dan benar. Teknik mencuci pakaian yang benar saat menggunakan mesin cuci dengan secara manual, tentunya dua hal tersebut sangat berbeda. Lantas bagaimana saja teknik-tekniknya, perhatikan berikut dengan saksama versi Koin Laundry.

Teknik Mencuci Pakaian yang Benar Secara Manual

Teknik yang benar dalam mencuci pakaian saat mencuci manual dengan menggunakan tangan, yaitu sebagai berikut.

1. Rendamlah Terlebih Dahulu Sebelum Disikat

Merendam pakaian terlebih dahulu sebelum didikat perlu dilakukan guna membuat noda-noda yang menempel sedikit luntur dan mudah saat disikat nantinya. Saat merendam gunakan pula detergen secukupnya agar saat direndam detergen tersebut meresap di dalam bahah pakaian sehingga saat proses penyikatan akan memudahkan noda-noda mudah luntur dan hilang. Waktu yang ideal saat merendam ialah sekitar 15-20 menit, jangan terlalu merendam pakaian lama karena lambat laun dapat merusak bahan pakaian. Perendaman ini sangat membantu saat penyikatan, terlebih pada bahan-bahan yang sangat tebal, seperti celana jeans, jas, jaket, dan sebagainya.

2. Menyikat Dengan Arah yang Searah Dengan Kekuatan Ideal

Teknik yang benar saat menyikat pakaian ialah dengan arah yang searah. Jika penyikatan dilakukan menghadap ke atas maka lakukanlah hal tersebut secara konsisten. Pasalnya, apabila menyikat dengan arah yang tidak terarah atau secara sembarangan dan acak-acakan akan membuat bahan pakaian mudah kusut atau yang lebih parah mudah menyangkut pada sikat yang digunakan. Selain itu juga, saat menyikat gunakan tenaga standar, jangan terlalu kencang dan menekan pakaian saat sedang menyikatnya karena hal tersebut dapat merusak bahan pakaian secara perlahan.

3. Menggunakan Detergen Secukupnya

Teknik penggunaan detergen juga harus diperhatikan dengan saksama, takarlah detergen yang akan digunakan dengan membandingkan jumlah pakaian yang sedang dicuci. Secara ideal perbandingan takaran detergen dengan jumlah pakaian ialah 2:8 atau 1:4, maksudnya ialah apabila detergen tersebut berbentuk bubuk maka 2 sendok bubuk detergen dapat digunakan untuk 8 pakaian baik baju maupun celana atau 1 sendok bubuk detergen untuk 4 pakaian. Jangan terlalu sering menggunakan detergen yang berlebihan karena selain dapat merusak bahan, juga dapat membuat iritasi kulit saat mencucinya.

4. Memeras Pakaian Dengan Kekuatan Standar

Di tahap memeras pakaian, teknik yang digunakan ialah dengan memerasnya tidak dengan kekuatan yang kencang atau berlebih. Walaupun tujuannya untuk menghilangkan sisa air yang ada agar cepat kering, tetapi jangan sampai membuat bahan pakaian menjadi melar akibat kuatnya tenaga saat memeras. Terlebih jika bahan pakaian tersebut berbahan yang mudah melar atau elastis. Keculai jika berbahan tebal, seperti jeans maka tidak apa-apa jika memerasnya dengan kekuatan penuh. Hal tersebut agar air yang berada di dalam bahan celana tersebut keluar.

Baca Juga: Cuci Pakaian Dengan Suhu Air yang Tepat

Teknik Mencuci Pakaian yang Benar dengan Mesin Cuci

1. Memasukkan Pakaian Kecil Terlebih Dahulu Baru yang Besar

Saat mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci juga perlu teknik atau prosedur yang harus diterapkan dengan baik. Hal tersebut bertujuan selain proses pencucian dengan baik, tetapi juga dapat merawat mesin cuci sehingga tidak mudah rusak. Teknik sederhana yang paling awal dilakukan ialah saat akan mencuci makan masukkanlah pakaian yang berukuran kecil terlebih dahulu, lalu barulah masukkan pakaian yang berukuran besar. Hal tersebut bertujuan agar pakaian di dalam tabung tersusun rapi dan tidak acak-acakkan sehingga saat proses berputar di dalam tabung bekerja secara optimal. Dengan demikian, hal tersebut dapat meminimalisasi kusutnya pakaian.

2. Jangan Membuka Tabung Saat Masih Berputar

Teknik yang dilakukan saat proses pencucian sedang berlangsung dan pakaian sedang berputar dalam tabung, jangan pernah sekali-sekali membukanya. Sebab hal tersebut dapat membahayakan diri karena air dan pakaian kemungkinan dapat keluar secara tiba-tiba dan memungkinkan mesin juga mudah rusak. Oleh sebab itu, langkah yang dapat dilakukan ialah menunggunya hingga benar-benar selesai dan mesin telah berhenti berputar.

3. Segera Matikan Listrik Setelah Proses Pencucian Selesai

Tahap yang terakhir apabila proses pencucian terlah selesai ialah segera mungkin mencabut aliran listrik dari stopkontak. Jangan dibiarkan terlalu lama menyolok kerena hal tersebut dapat menguras energi listrik berlebih. Saat mencabut stop kontak, pastikan tangan Anda dalam keadaan kering tidak dalam keadaan bacah karena hal tersebut berbahaya dapat menyebabkan kecelakaan kerja yaitu tersengat listrik.

Demikianlah, teknik mencuci pakaian yang benar versi Koin Laundry dan beberapa manfaatnya apabila menerapkan hal tersebut dengan baik dan benar. Selain membuat pakaian tetap terjaga, tetapi juga dapat aman dan selamat saat proses mencuci. Maka dari itu, tidak ada slaah untuk mencoba mencuci dengan menerapkan teknik dan prosedur yang baik dan benar. Dan tinggalkanlah cara sembarangan dalam mencuci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat